Memahami Susah Juga ya!!!

Malam ini aku sengaja memfokuskan untuk belajar Geo-elektromagnetisme lagi mengenai bab IP (Induced Polarization) soalnya besok aku harus memberikan penjelasan ketika praktikum mengenai ini. Sebenarnya sewaktu mengambil mata kuliah ini (setahun yang lalu Alhamdulillah dapet A, hehehe) aku tahu apa itu IP tetapi hanya sebatas pengertian dan ya apa yang ada di diktat kuliah seperti tipe dari IP itu apa aja dan perbedaannya apa aja. Makanya malam ini aku belajar lagi tepatnya memahami lagi lebih dalam (ceila lebih dalam bo) apa itu IP dan apa aja yang berhubungan dengan IP tepatnya ketika kita mengolah data IP tersebut..

Secara mudah IP(induced Polarization) adalah kemampuan dari suatu material di dalam bumi (i.e batu, soil, dan lainnya) untuk menyimpan muatan ketika injeksi arus kedalam tanah, kita putus/matikan. Mungkin agar dapat dimengerti lebih baik kita analogikan dengan apa yang pernah kita lakukan ketika SD dulu. Masih ingat mungkin bagi kita ketika SD dulu pernah melakukan hal ini yaitu menempelkan suatu bahan yang terbuat dari besi ke sebuah magnet agar si besi tersebut memiliki sifat kemagnetan. Ketika besi kita lepaskan dari magnet maka besi akan memiliki sifat kemagnetan yang semu yaitu ketika sifat kemagnetan dalam besi tersebut habis maka besi akan kembali lagi menjadi besi biasa. Dalam IP yang kita hitung adalah berapa lama besi tersebut menjadi magnet. (kira-kira begitu, kayaknya ga semakin mudah dimengerti yak, maaf) Tapi untuk lebih jelasnya jika ingin mengetahui lebih lanjut silahkan menakses blog Dosen saya ini (bapak Hendra Grandis) mudah-mudahan disana akan lebih mudah dipahami (maklum masih harus belajar banyak)
Jadi semalaman ini yang aku pelajari sebenarnya adalah data-data mengenai IP terus format agar data IP dapat diproses oh, ya data IP ini rencananya akan saya proses dengan Res2DINV software versi 3.55 yaitu geophysical imaging yang didistribusikan geotomo software, pokoknya semalaman ini saya mencoba semua data yang berhubungan dengan IP. Tapi sayangnya dari 4 jenis data IP, cuma ada 1 per data. Sayang banget karena saya ga bisa membandingkan hasil dari satu jenis data IP di suatu lokasi pengamatan dengan data dengan jenis yang sama di lokasi lain. Sebenarnya dengan melakukan processing data dengan software ini, kita akan langsung mendapatkan model bawah permukaannya dan siap untuk di interpretasikan.
Ya walaupun dengan data yang pas-pasan aku harap besok dapat memberikan yang terbaik untuk praktikan.. AMIN….. Ya sambil ngulang-ngulang pelajaran jadinya.. Pusing juga… Udah dulu…. kapan-kapan disambung lagi dengan topik lain yang tentunya masih berhubungan dengan Ilmu Geofisika… oh ya berikut ini adalah salah satu data IP yang telah saya proses.

ipmodel
Keterangan Merah adalah zona yang mampu menahan muatan lebih lama dibanding material yang lain..

4 thoughts on “Memahami Susah Juga ya!!!

  1. Son, Minta tolong kirimkan software res2dinv ke email saya.
    punya saya yang demo.tolong ya…please…

    minta tolong lagi ni, gimana menyusun data pada schlumber
    agar bisa dijalankan di res2dinv.
    tolong ya son….

    thanks b 4

    sebelumnya terima kasih telah mampir ke blog saya. Maaf mas, saya ngebalasnya lama, saya juga ga punya dongle dari Res2Dinv. sekedar saran kalo mas mau gunain res2dinv mas terlebih dahulu ngesorting data2 hasil akuisisi dan lihat apakah data telah baik dan benar (maksudnya tidak ada data yang terlalu jomplang antara satu titik dengan titik lain didekatnya.) Jadi jika data kita sudah cukup bagus maka dengan res2dinv demo pun data tersebut bisa di inversi. beda demo dengan yang pake dongle cuma iterasinya dan topography aja. klo demo cuma bisa ampe 3X iterasi. mengenai data schlumberger yang satu titik tidak bisa diolah dengan res2dinv kalo ingin ngeproses 1 titik sounding dapat menggunakan ipi2win.
    Maaf kalo ga bisa ngebantu banyak.

  2. bang son tolong dong, kalo bisa jelasin tentang program ipi2win, bagaimana cara intpretasinya dan terus terang bang aku tidak tahu tentang ipi2win. ini email aku : apollond@ymail.com, bang kalo bisa kirim filenya dalam bahasa indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s