29 maret hari yang melelahkan.

Ketika sedang membaca blog saya, saya teringat tentang rencana menulis mengenai pengalaman saya pada hari Sabtu, 29 maret 2008 minggu kemaren. Hari sabtu tersebut adalah hari yang lumayan melelahkan bagiku, mengapa? Karena pada hari tersebut saya memiliki 3 agenda kegiatan yang sangat penting banget. Pengen tau ya ikuti aja ini (hehehe :D).

Agenda pertama yang harus dikerjakan pada hari tersebut adalah mendampingi praktikum Geo-Elektromagnetisme mengenai pengukuran Misse Ala Mase. Praktikum yang saya janjikan dengan praktikan dimulai pukul 09.00 harus tertunda 30 menit karena praktikan datang telat (sebel banget karena ini, soalnya semalaman saya tidak tidur karena membuat sebuah program dan juga mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan praktikum ini), setelah mereka datang telat 30 menit, tanpa membuang-buang waktu langsung aja saya terangin mengenai apa yang akan dilakukan pada pagi itu. Setelah semuanya mengerti, maka saya pun menyuruh mereka untuk mengangkat peralatan2 yang dibutuhkan dalam praktikum tersebut. berikut adalah foto-foto ketika sedang melakukan pengukuran, salah satunya adalah foto sang asisten yang kaget ketika di foto ama praktikan (hehehehe :P).

Selama praktikum bapak rupanya datang dan mengawasi praktikum, satu hal yang asik ketika praktikum adalah suasana yang riang dan gembira (kata-katanya kayak anak kecil aja, hahahaha) tapi bener aq sangat suka suasana seperti itu. Praktikum itu selesai kira-kira pukul 11.30.

selesai memberitahukan apa saj yang harus mereka lakukan dan memasukan seluruh alat yang digunakan maka agenda yang harus diikuti adalah rapat anggota HMGM (Himpunan Mahasiswa Geofisika Meteorologi), tetapi karena kami datang telat, maka tidak lama kami mengikuti rapat tersebut karena sekitar jam 12.00 rapat-pun di break untuk istirahat makan siang dan sholat dan akan dilanjutakan kembali pukul 13.00, tetapi sebelum rapat ditutup saya-pun minta izin dulu untuk telat datang karena jam 13.00 ada agenda ketiga yang harus saya kerjakan yaitu…… ntar aja… Karena belum masuk waktu sholat maka saya pun dan beberapa rekan makan siang dulu, setelah makan siang saya pun kembali ke lab saya (bukan punya saya, tetapi yang sering saya tempati dan menjadi tanggung jawab saya) untuk menunaikan sholat Zuhur.

Selesai sholat maka agenda ketiga-pun dilakukan yaitu melakukan pengukuran geolistrik lagi dengan alat McOhm21, sebenarnya pengukuran kali ini hanya untuk mencoba alat tersebut apakah masih dapat digunakan atau tidak, soalnya kabar terakhir alat tersebut rusak. Selain itu pengukuran kali ini merupakan pengalaman pertama bagi saya menggunakan alat ini karena pengukuran yang saya lakukan sebelumnya menggunakan alat yang lain, klo biasanya gunain alat buatan amerika klo sekarang gunain alat buatan jepang, Buatan Indonesia ???) ini adalah foto alat yang kita gunakan.

Dari pengukuran ini saya banyak mendapatkan ilmu baru dalam pengukuran geolistrik, pertama dalam manajemen alat seperti cara menggunakan, cara pembawaan ketika akan digunakan, cara pengangkutan alat ketika dalam mobilisasi, dan cara pengoperasian alat. Mengapa manajemen alat sangat dibutuhkan dan diperhitungkan karena, jika alat ini rusak maka tanggung jawabnya dan memperbaikinya repot banget.

Kami selesai mengukur ini kira-kira pukul 3 PM. Beda alat ini dengan alat yang sering saya gunakan adalah alat ini bisa digunakan secara bersamaan untuk semua elektroda. Tidak seperti alat sebelumnya yang dilakukan satu-satu (atau sayanya yang ga tau ya ^_^) Selain itu alat ini berat dari alat yang sering digunakan, makanya dalam ngankatnya harus 2 orang. Trus apa lagi ya??? pokonya banyak dah….

Setelah selesai menyimpan alat tersebut maka saya dan rekan yang ikut, beristirahat sejenak, soalnya kabelnya aja berat apalagi alatnya, wuih..) Setelah istirahat maka Rapat Anggota HMGM-pun saya hadiri kemabali, ketika masuk ruangan, subhanallah, banyak sekali yang datang, baru sekali ini saya melihat RA yang dihadiri oleh banyak anggota. Tetapi karena kecapean saya=pun tidak konsentasi dengan RA, malahan ada rahmat yang saya dapatkan ketika itu, yaitu saya ketiduran, Alhmdulillah. Tepat jam 5PM, karena RA belum selesai dan ruangan yang digunain akan ditutup, maka RA-pun dibreak sejenak untuk pindah keruangan 1401. Karena kecapean pulalah, saya tidak mengikuti RA lanjutan, karena benar2 capek banget, Selesai sholat magrib saya langsung ketiduran…

Benar-benar hari yang melelahkan….

2 thoughts on “29 maret hari yang melelahkan.

  1. baru denger alat yg namanya McOhm21. ngebayangin McD dan bioskop 21…

    Iya mbak alat itu buatan jepang dan nama lengkap alat itu, Oyo McOHM 21. Sebenarnya masih ada lagi alat oyo ini. Kalo yang diatas digunakan dlm pengukuran geolistrik, sedangkan kalau yang satu lagi (yg saya tahu) namanya Oyo McSeis, biasanya dilakukan untuk seismik refraksi..
    Makasih ya mbak telah mampir di blog aku. Saran, kritikan, dan masukan saya harapkan jika ada yang tidak tepat atau kesalahan pada tulisan yang ada di blog ku ini… Salam kenal dari aku..

Leave a Reply

