Presentasi GPR ke klien

Bismillahirahmanirrahim

Hari senin (110808) ketika menunggu bis untuk pergi ke kantor saya mendapat telpon dari bos yang memberitahukan bahwa besoknya (selasa 120808) kita diminta prsentasi sama klien. Ketika itu saya diminta untuk ikut serta (mendampingi). Saya pun menyanggupi perihal tersebut, yang saya pikir hanya untuk mendampingi.

Malam pun saya bertanya kepada si Bos lebih detail untuk perihal besoknya, rupanya kita akan presentasi kepada orang rusia tentang hasil yang saya dan teman2 kerjakan lebih kurang sebulan terakhir kemaren, yaitu pengolahan data GPR.. Ketika itu bapak bilang bahwa yang akan presentasi itu saya, sedangkan bapak cuma mendampingi.. Mendengar hal tersebut saya langsung kaget soalnya saya selain presentasi di kelas untuk berbagai mata kuliah dan praktikum saya tidak pernah lagi presentasi secara formal apalagi dengan orang bule (rusia) itu..

Akhirnya malam sampai pagi pun saya mempersiapkan segala sesuatu yang kira-kira berhubungan dengan besok terutama bahan2 laporan progress work kami yang telah kami kirimkan kepada klien tersebut. Setelah sholat shubuh (belum tidur nih) saya pun menlanjutkan persiapan tersebut. Sekitar jam 6-7 pagi, rasa kantukpun datang, dengan terpaksa saya tinggalkan pekerjaan, walaupun pekerjaannya tinggal sedikit.

Saya pun langsung terlelap ketika itu, sekitar jam 10.30 saya dibangunkan untuk siap2 berangkat ke jakarta menuju kantor si klien. Karena teringat pekerjaan yang belum selesai, saya pun bergegas untuk mandi dan melanjutkan pekerjaan mempersiapkan bahan2 presentasi yang saya tinggal tidur tadi. Karena cuma tinggal dikit  (finishing Touch) maka pekerjaan itu pun dapat diselesaikan dengan segera. Sekitar jam 12 kita turun kebawah untuk bertemu dengan big boss untuk segera berangkat (kami kira big boss akan ikut tetapi karena big boss ada urusan makanya big boss pun urung untuk ikut).Walaupun big boss ga ikut tetapi bos tetap ikut.

Setelah mendapat alamat kantor klien dan jam berapa klien menunggu dan pas ketika itu makan siang pun datang dengan terpaksa kami segera berangkat dan meninggalkan makan siang, karena diminta untuk hadir jam 15.00. Karena belum makan siang kami pun sebelumnya membeli cemilan untuk mengganjel perut.

Dengan bantuan alat GPS pada mobil akhirnya sekitar pukul 14.30 kami pun telah tiba di tujuan yaitu gedung Multi Piranti Graha di daerah duren sawit. Masuk kekantor dan ketemu dengan big boss itu perusahaan dan beliau pun bilang kalo si Rusianya belum dateng, belian bilang akan datang sekitar setengah jam lagi.. Sembari menunggu maka kami pun ngobrol2 dengan pendamping kami (pihak klien yang berhubungan langsung dengan kami). Ketika lagi ngobrol tersebut si bapak yang ngedampingin kami pun bertanya udah makan belum, bos pun menjawab kalo makan pagi udah tapi makan siang belum karena buru2 pergi tadi. Beliau pun langsung meninggalkan tempat duduknya ketika mendengar hal itu, eh ga taunya dateng2 udah ngebawa McD. Karena belum makan maka dengan terpaksa kami pun langsung melahap santapan yang disediakan.

Sekitar jam 4 setelah lebih dari waktu yang dijadwalkan tadi, si bule rusia itu pun belum dateng. Karenanya kami pun terus melanjutkan pembicangan, tetapi saya langsung sholat dan setelah sholat langsung ngelihat bahan lagi, sambil nge-refresh agar ga terlalu lupa.

Tepat jam 5 kurang, kami pun dipanggil utk masuk ruangan meeting tanpa si bule. Ketika itu kita diminta untuk menjelaskan konsep dasar dari GPR dan hasil yang kita peroleh. Awalnya untuk yang dasar yang menjelaskan adalah bapak bos, tetapi setelah lawan diskusi menanyakan kepada pengerjaan maka saya pun menjawab sesuai dengan yang saya kerjakan.. Ketika lagi diskusi eh si big boss perusahaan itu masuk dan ketika itu dia pun banyak bertanya kepada kami, dan saya pun menjawab segala pertanyaan dari dia. Pas lagi asik menjawab, rupanya si rusia bule dateng.. Langsung masuk dan mengemukakan alasan keterlambatan karena macet total di daerah sudirman. Tanpa basa basi dan buang waktu si bule langsung menanyakan hasil pengerjaan kita yang telah mengalami perubahan oleh pihak perusahaan yang kami kunjungi tersebut.

Awalnya si bule menyanjung pekerjaan yang kita kerjakan, ketika itu dia bilang bahwa section yang dihasilkan pada gambar yang pertama bagus (goog result) ketika mendengar hal tersebut (saya pun merasa agak puas awalnya) setelah itu si bule melanjutkan perbincangannya dan menanyakan beberapa section yang menurut dia agak rancu, sampai melihat ada kesalahan dari section yang kita kirim, eh rupanya memang benar ada sedikit kesalahan, yaitu satu section mempunyai nama yang berbeda, dalam hati saya langsung bilang waduh.. Rupanya saya kurang teliti dalam buat laporan tersebut.

Ketika mereka menanyakan parameter dan lain2nya, sekali lagi saya pun mencoba untuk menjawab dengan bahasa inggris saya yang pas-pasan, untungnya dia mengerti ucapan saya..

Akhirnya ada beberapa kesalahan yang mereka temukan dari laporan yang kita bikin. terutama untuk menentukan batas lapisan.. Setelah clear semua, si bule langsung pulang. Dan kami pun mengevaluasi kenapa bisa sampai begini. Saya pun mengatakan kepada bapak bos (bos saya) bahwa adanya kekurangan datalah yang membuat hal ini menjadi seperti ini..

Tau ga oleh2 yang saya dapatkan setelah presentasi, saya harus melakukan reprocessing data keseluruhan.. Buset dah. Tapi karena pekerjaan, maka dengan senang hati saya pun menerimanya. Awalnya saya juga udah berniat untuk melakukan reprocessing..

Tapi hari ini merupakan hari yang berharga bagi saya, karena saya mendapatkan pelajaran tentang pekerjaan yang saya geluti ini, sampai presentasi kepada si rusia..Ini merupakan kali pertama saya presentasi ke Orang luar negeri khususnya orang eropa..

Moga kedepannya lebih baik lagi…. Cheerss

5 thoughts on “Presentasi GPR ke klien

  1. Wah…koson…pengalaman berharga tuh…🙂 ce jd bangga deh ama kamu…secara yg ngajarin kamu b.eng-kan cece…😀 hehe…

    So lainn kalii lebih ati2 ya…kurang telitinya di ilangin…trus klo lg presentasi jng cpet2 kudu ada intonasi….

    Eit ingat!! jng keasykikan kerja, SKRIPSI kudu kelar krn tahun dpn kudu WISUDA!!! dan jng lupa kewajiban sbagai UDA nya KODAN…perhatiin KODAN…coba dong didik dia jd lbh dewasa…kalian di Bandung cuma be-2….(eh jd ceramah umum nih…. hehe :D)

  2. @soni

    keep struggling. embrace critics. love your works. and trust your team.

    jangan kerjain semuanya sendirian.

    @eno

    iya nih. si eno banyak banget ceramahnya. sok dai niye. lagi-lagi deh eno.
    “…secara yg ngajarin kamu b.eng-kan cece… hehe…”

  3. Subhanallah Da.. Keren.. Keren..
    Ngga apa-apa, semua kan berproses. Insya Allah kedepannya jauh lebih baik. Karena pengalaman adalah guru yang paling baik. Ngga bisa nikmati liburan long weekend ini donk??? Hihi… :))
    Sabar ya!!
    Chayo Uda!!! ^_^

  4. Salam kenal ya..pengen sharing nih..klo perusahaan anda butuh kegiatan team building..saya bisa membantu..ato kalo ada contac person perusahaan yang dapat saya hubungi tentang hal tersebut..thanks..ya atas bantuannya…

    Terima kasih telah mau berkunjung, dan salam kenal juga. Kalo untuk urusan team building rasanya kita belum begitu butuh mas.. Mungkin lain kali…..

Leave a Reply

