Sudah Merdeka-kah Bangsaku??

Bismillahirahmanirahim

Hari ini tanggal 17 agustus 2008 tepat 63 tahun hari kemerdekaan INDONESIA. Tapi apakah sekarang ini kita telah benar2 merdeka dalam arti yang sebenarnya???

Saya Yakin sekali banyak juga orang lain yang menanyakan hal yang serupa dengan ini…

Menurut saya merdeka adalah bebas dengan sebebas-bebasnya untuk mengatur segala sesuatu dari yang kita miliki dan yang ingin kita lakukan tanpa ada gangguan, paksaan dan interfensi dari luar.. (kalo ada yang ga setuju silahkan berikan komentar).

Memang, pada tahun 1945, 63 tahun yang lalu, arti kata merdeka hanyalah dalam arti yang sempit yaitu bebas dari kunkungan penjajahan, tapi apakah arti merdeka yang dulu (1945) dapat disamakan juga dengan arti yang sekarang (2008) ??

Tentu tidak pastinya..Arti kemerdekaan pada zaman sekarang harus lebih mendalam.. (kalo menurut saya, arti kemerdekaan tadi seperti yang saya tuliskan diatas.))

Menurut saya, sekarang INDONESIA belumlah merdeka menurut pengertian saya..Mengapa??

Karena sekarang ini, kita belum bebas untuk mengatur negara kita sendiri..Contohnya banyak sekali. Dimulai dari Kepemilikan Sumber daya Alam bangsa kita yang tidak dapat kita miliki semuanya sampai dengan berita terakhir yang saya dengar yaitu adanya surat dari kongres amerika serikat yang dilayangkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM)..Tapi saya yakin sekali Bapak Presiden tidak akan terpengaruh dengan surat itu..

Berarti, jika sekarang kita belum merdeka. Mengapa kita merayakan hari Ulang Tahun Kemerdekaan kita pada tanggal 17 Agustus???

Jawabnya adalah agar kita dapat MEMAKNAI (makna disini lebih dalam dari arti) dari kata merdeka itu dan juga dapat MERESAPI SEMANGAT JUANG, PENGORBANAN, DAN CITA-CITA LUHUR para pejuang-pejuang kita dulunya untuk MENGANGKAT MARTABAT BANGSA INI…

Tapi sekarang ini sangat sedikit dari 200 juta rakyat INDONESIA yang seperti itu (mungkin saya sendiri termasuk). Sekarang ini saya melihat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan INDONESIA tidak lebih dari acara hura-hura  yang hedon (maaf jika kata2nya agak kurang enak).

Sangat berat tantangan bangsa ini kedepannya agar makna kata merdeka tersebut dapat tercipta di INDONESIA.. Apalagi kepada pemuda-pemudi Indonesia yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa ini..Nasib Bangsa ini berada di tangan kita nantinya..

Mari kita tanamkan di dalam dada kita rasa nasionalisme kita, mari kita tanamkan di dalam dada kita bahwa kita harus bangkit, DAN MARI KITA YAKINKAN DIRI KITA BAHWA INDONESIA (KITA) PASTI BISA.. Bisa menjadi bangsa yang besar, menjadi bangsa yang makmur dan sejahtera, menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa-bangsa lain, menjadi bangsa yang dapat membuat rakyatnya hidup tentram dan bahagia, dan yang terpenting menjadi bangsa yang dapat Menghayati, meresapi dan memaknai apa itu Merdeka!!!!!

DIRGAHAYU BANGSAKU, DIRGAHAYU INDONESIAKU

TERIMA KASIH PAHLAWAN, TANPA KALIAN KAMI TIDAK AKAN SEPERTI SEKARANG INI

Bandung, 17 Agustus 2008

orang yang sangat mencintai bangsa ini..

03.10 WIB

6 thoughts on “Sudah Merdeka-kah Bangsaku??

  1. Tugas pahlawan 45 adalah berjuang untuk kemerdekaan bangsanya. Bagi yang muda, apalagi kaum lulusan perguruan tinggi, terutama yang sempat mencicipi perguruan tinggi populer di Bandung, adalah bagaimana membangun bangsa ini. Tantangan dan perubahan yang cepat menghadang di depan kita, namun kita bisa belajar dari bangsa lain, bagaimana mereka bisa maju…hayoo…berjuang….

  2. alah merdeka nyo son…
    cuma, urang2 baparangai cingkahak nan masih banyak…
    doa an lah den lolos jadi caleg no. 1…
    den jadi caleg partai kini maa….

    peace…

    AbaNg aN6 naN sAntiAng

  3. SUDAH!! tapi…merdeka dari apa? tergantung kitanya menyingkapinya. Merdeka dari jajahan Belanda atau merdeka untuk melawan bangsa sendiri?

    Semua orang pasti bisa menjawab pertanyaan pakde.. Terima kasih atas kunjungannya pak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s