Siapakah yang disebut PEMUDA??

Siapakah yang disebut PEMUDA??

Jika diibaratkan, bulan oktober sepertinya dapat diibaratkan sebagai bulannya bagi pemuda. Jawabannya pasti taulah. Ya itu karena pada bulan ini diperingati suatu hari yang namanya hari sumpah pemuda (tanggal 28).

Sebenarnya tulisan ini tadinya ga bermaksud dan ga  ada hubungannya dengan hari itu, tapi ketika lagi browsing sekilas saya membaca 2 kata yaitu sumpah pemuda, dan saya ingat, bener 7 hari lagi kita akan memperingati hari sumpah pemuda.

Ide menulis ini sebenarnya saya dapatkan kemaren (senin, sekitar jam 4.30 sore) ketika saya dan teman lagi ngobrol2 tentang apa yang dia dapatkan (selain makan dan minum gratis, hehehe namanya anak kos) di presentasi anak2 sma tentang geofisika pada hari sabtu kemaren (saya ga bisa ikut karena ada meeting di kantor yang ga bisa ditinggalkan). Sebenarnya tidak ada yang terlau menarik karena yang dipresentasikan telah kita ketahui dan kita dapatkan.

Tapi ada satu yang menjadi sorotan dari si teman itu ketika salah satu anak sma menyebutkan sebuah pepatah arab (ketika itu si anak sma gunain bahasa arab) yang intinya isi dari pepatah arab tersebut seperti ini

Siapakah Pemuda?? Pemuda adalah orang yang mengatakan inilah saya dan bukan mengatakan ini bapak saya

Mendengarkan hal tersebut sedikitnya membuat saya kaget. Berarti untuk menjadi seorang pemuda bukanlah segampang membalikkan telapak tangan, karena untuk mencapai titel seorang pemuda kita harus bisa terlebih dahulu mengatakan inilah saya.. Dan sekali lagi umur tidak dapat mengatakan bahwa seseorang adalah pemuda…

Berarti Sumpah pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 oktober 1928 merupakan suatu sumpah yang benar2 keluar dari hati sanubari Pemuda INDONESIA ketika itu yang benar2 meraka resapi apa makna dari kata pemuda dan isi dari Sumpah yang mereka buat itu dan pada tanggal 17 agustus 1945 merupkan salah satu buktinya dan juga tidak muluk dan sangat pantas sekali ketika Soekarno mengatakan berikan aku 10 orang pemuda maka kami akan menggetarkan dunia. Dan itu merupakan hal yang wajar dan sangat logis sekali.

Pertanyaan pun muncul dalam diriku, APAKAH AKU dan Kamu TELAH MENJADI PEMUDA SEKARANG INI?????

Semoga bermamfaat.

7 thoughts on “Siapakah yang disebut PEMUDA??

  1. Yang jelas saya bukan termasuk kategori pemuda….:P

    Klo menurut saya ibu sekarang adalah seorang bunda yang menjadi contoh bagi anak2 muda sekarang, anak muda berarti belum tentu pemuda..terima kasih bun atas kunjungannya

  2. Siip..setuju ama Koson…pemuda adalah dia yang berkata ini lah Aku….dalam artian pemuda itu adalah mereka yang banyak memberikan manfaat kepada khalayak ramai…hmm kira-kira kamu eh kita dah masuk kdalam kategori pemuda blom ya…… ??!?!

  3. ya pemuda sekarang sih senengnya foya-foya dak kaya orang dulu zaman penjajahan (ngeloyor pergi sambil coment nenteng rokok ke rental ps)
    terima kasih atas kunjungannya

  4. Innal fataa man yakuulu haa anaa dzaa laisal fataa man yakuulu kaana abi begitu ya bahasa arabnya sesungguhnya pemuda itu ialah yang mengatakan inilah saya bukanlah pemuda yang mengatakan inilah bapak saya. betul kita sebagai generasi penerus bangsa indonesia harus bekerja dan belajar dengan giat untuk bisa kita pemuda-pemudi indonesia yang siap menghadapi tantangan global dan merubah dunia lewat serba serbi sma

    • Mas, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak nih, telah mau berkunjung ke coretan saya dan ninggalin jejaknya..

      Sebelum saya menjawab pertanyaan mas rizki, ada pertanyaan yang juga yang muncul di benak saya, penjelasan pemuda yang bagaiamana yang mas rizki maksudkan?

      Kalo di review dari tulisan saya, yang saya angkat pada tulisan kali ini adalah definisi seorang pemuda yang saya dapatkan dari sebuah pepatah arab..

      Saya tidak menjelaskan isi dari pepatah tersebut, tetapi hanya menguraikan sedikit interpretasi saya mengenai pepatah tersebut.. Saya kira dari isi pepatah (yang menurut saya sangat simple ini) tersebut, setiap orang punya pandangan tersendiri-sendiri untuk menginterpretasikannya atau menyimpulkannya..

      Selamat Hari Sumpah Pemuda..

      Bangunlah Pemuda-Pemudi Indonesia!!!

Leave a Reply

