TUGAS AKHIR-ku (part 1)

Tugas Akhir (TA) merupakan syarat bagi seorang mahasiswa utk menyelesaikan tingkat pendidikannya si jenjang strata 1.

Dimulai dari coding dengan matlab (latihan pemrograman), setalah itu membuat data sintetik dan melakukan kontinuasi ke atas dan pemfilteran dengan parameter panjang gelombang, maka sebelum seminar tanggal 13 Februari (jumat), selesailah abstrak yang telah dikoreksi oleh dosen pembimbing yang akan digunakan nantinya untuk presentasi seminar tugas akhir.

____________________________________________________________________________________________

APLIKASI KONTINUASI KE ATAS DAN FILTER PANJANG GELOMBANG UNTUK PEMISAHAN ANOMALI REGIONAL – ANOMALI RESIDUAL PADA DATA GEOMAGNETIK

Soni Satiawan

124 04 021

Pembimbing: Dr. Hendra Grandis

Program Studi Geofisika

Institut Teknologi Bandung

SARI

—————————————————————————————————————————————————

Intensitas magnetik total (TMI) merupakan superposisi dari anomali yang bersifat regional dan lokal (residual). Anomali regional berasosiasi dengan kondisi geologi umum yang dominan pada daerah penelitian, biasanya dicirikan oleh anomali berfrekuensi rendah. Sebaliknya, anomali lokal yang umumnya berfrekuensi tinggi mengandung informasi mengenai sumber anomali dangkal. Penelitian ini mengaplikasikan kontinuasi ke atas (upward continuation) dan filter panjang gelombang pada data geomagnetik sintetik. Penggunaan kontinuasi ke atas diharapkan akan dapat membantu kita untuk memisahkan anomali regional dengan anomali lokal. Sedangkan filter panjgan gelombang, memberikan informasi mengenai panjang gelombang anomali yang bersifat regional dan lokal.

Untuk menguji metoda tersebu, dibuat model sintetik yang terdiri dari benda anomali dalam dan dangkal. Masing-masing pada kedalaman 500 meter dan 200 meter. Kontinuasi ke atas menghasilkan anomali frekuensi rendah yang dapat dianggap sebagai anomali regional. Sedangkan pemisahan anomali regional – lokal menggunakan pemfiltran panjang gelombang menghasilkan anomali lokal yang sesuai untuk pemodelan kedalaman sumber anomali. Diperoleh hubungan antara panjang gelombang anomali dengan batas kedalaman sumber anomali dalam dan dangkal yang sesuai dengan literature yaitu h = ½ λ.

Kata Kunci : Kontinuasi ke atas (Upward Continuation), Filter Panjang Gelombang, Anomali Regional, dan Anomali Residual.

—————————————————————————————————————————————————

dengan selesainya abstrak ini, maka satu lagi yang harus diselesaikan secepatnya untuk mengikuti seminar Tugas Akhir hari jumat, yaitu slide presentasi…

Penjelasan mengenai isinya nanti aja deh, ngantuk euy….

11 thoughts on “TUGAS AKHIR-ku (part 1)

  1. @ dion
    Mas sebenarnya aq tuh nejermahin subroutine fortran yang telah ada ke matlab, karena dengan matlab kita bisa langsung tampilin secara visual (lagian fortran saya udah lupa, hehehe), kalo subroutine2-nya aja gimana, berminat??

  2. Skripsinya sangat bagus saya tertarik…
    boleh saya minta penjelasan mengenai teori pemisahan anomali magnetik residual dan regional ini???

    thank’s

  3. Halo mas soni, salam kenal. Nama saya Indah
    Mas soni, apakah saya boleh minta coding matlab-nya ya mas buat saya pelajari, kebetulan tema TA mas soni hampir sama dengan saya namun saya diaplikasikan untuk data gaya berat. Makasih banyak mas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s