Tugas Akhir-ku (Part 2)

Alhamdulillah, tadi draft TA berhasil ku rampungkan, utk selanjutnya masuk tahap koreksi ama dosen pembimbing, jadi sambil menunggu dan utk ngerefresh apa yang saya lakukan pada TA tersebut. pada tulisan kali ini akan saya coba jelaskan mengenai TA saya tersebut.

Metoda geomagnetik adalah salah satu metoda dalam geofisika untuk melihat bawah permukaan (subsurface) dilihat dari harga kemagnetan yang dimiliki oleh batuan. Metoda ini merupakan metoda yang applicable utk eksplorasi baik itu dibidang oil n gas maupun pertambangan serta utk penelitian juga bisa.

Pada TA saya ini, metoda geomagnetik ini saya terapkan utk optimasi dalam pengolahan data magnetik pada eksplorasi bahan tambang.

Secara sederhana Bumi terdiri dari beberapa lapisan, pertama yaitu kerak bumi atau litosfer (crust), kerak ini mempunyai kedalaman ampe 100 km. Kedua yaitu Mantel, yang memiliki massa paling besar diantara lapisan lain kedalamannya ampe lebih kurang 2900 km. Ketiga yaitu Inti yang terdiri lagi dari inti dalam yang berkomposisi fe dan ni padat dan inti luar yang berkomposisi fe dan ni cair ampe kedalaman 6371 km dari permukaan (6371 km = jari2 bumi).

JIka kita pernah nonton science fiction yang judulnya the core mengenai perjalanan menuju inti bumi, maka kita akan mengetahui bahwa inti luar berotasi dan akibat dari rotasi inilah medan magneti bumi itu ada. sehingga bumi kita terlindungi oleh aktivitas luar angkasa seperti angin dan badai matahari, serta lainnya yang dapat menghancurkan bumi jika medan magnet ini tak ada.

Akibat dari medan magnet bumi ini, maka batuan yang ada di bumi akan ikut terpolarisasi sehingga batuan tersebut memiliki medan magnetik juga yang sering disebut juga sebagai medan magnetik sekunder.

Pada eksplorasi menggunakan metoda geomagnetik, yang kita cari sebenarnya adalah medan magnetik sekunder ini. Tetapi nyatanya dalam pengukuran data di lapangan yang diukur dan yang kita dapatkan adalah kombinasi kedua medan magnet sehingga 2 komponen yang terdapat dalam data lapangan tersebut harus kita pisahkan.

Tugas akhir saya itu adalah pemisahan 2 komponen tersebut dengan menggunakan kontinuasi ke atas (upward continuation) dan melakukan filter dengan parameter panjang gelombang. kita bahas satu2 dulu ya.

2Komponen yang terdapat pada data pengukuran tadi dikenal juga dengan anomali regional (biasanya disebabkan oleh benda2 sumber anomali yang memiliki kedalaman yang  relatif besar dan dalam) dan anomali residual (lokal) yang biasanya disebabkan oleh benda2 anomali yang relatif dangkal (anomali residual inilah yang kita cari biasanya). Tiap komponen tadi memiliki karakteristik tersendiri salah satunya dari frekuensinya, biasanya anomali regional (dalam) memiliki frekuensi yang rendah (panjang gelombangnya besar) dan anomali residual memiliki frekuensi yang tinggi (panjang gelombang yang rendah/ kecil) utk lebih jelas spt pada gambar berikut.

picture1

kotak kecil yang diatas itu menggambarkan posisi benda sedangkan  (arah lateral) garis hitam itu adalah arah penampang melintang yang kita buat. Kotak yang di bawah adalah gambaran dari penampang melintang (arah vertikal) dari kurva yang didapatkan dari penampang melintang dapat kita lihat bahwa kurva hasil pengukuran yang didapatkan di lapangan ditunjukan oleh garis putus warna merah (dash line), sedangkan yang berwarna biru adalah kurva anomali regional. jika kita lihat secara umum pola dari kurva merah dan biru itu sama, tetapi karena ada pengaruh anomali dangkal pada data pengukuran, maka kurva warna merah tidak se-smooth kurva warna biru. Untuk itulah saya mencoba utk melakukan optimasi dalam memisahkan kedua anomali yang didapatkan pada data lapangan.

Caranya adalah pertama dengan melakukan kontinuasi ke atas. maksudnya kita melakukan pengukuran dengan mengangkat level (elevasi) dari bidang pengukuran yang sebenarnya, misal bidang pengukuran sebenarnya pada z=0 m. Dengan melakukan kontinuasi ke atas kita mengangkat bidang pengukuran kita, misalnya menjadi z=100 m. Itu semua dengan bantuan persamaan matematis tentunya. Kenapa dilakukan kontinuasi ke atas? karena dengan dilakukan kontinuasi ke atas diharapkan frekuensi2 yang tinggi akan dihilangkan. sehingga hasil akhirnya hanya anomali yang berfrekuensi rendah aja.

Untuk filter panjang gelombang, sama halnya dengan kontinuasi ke atas. pada filter panjang gelombang ini, kita berharap untuk menemukan kedalaman pembatas antara kedua anomali ini. Dengan menggunakan parameter panjang gelombang (bukan frekuensi) kita melakukan filtering pada data observasi kita. Sehingga didapatkan satu harga panjang gelombang yang memberikan hasil yang optimum. dari panjang gelombang yang didapatkan itulah dicari hubungannya dengan kedalaman sumber anomali..

Sekian dulu ajah…Terima kasih..

10 thoughts on “Tugas Akhir-ku (Part 2)

  1. beuh,, TA-nya berat..
    jadi inget waktu perjuangan dulu biar cepet lulus.. hehe

    Yang namanya TA pasti berat mas, ga ada mahasiswa tingkat satu yang ga ngerjain TA-nya mati2an.. saya yakin itu..
    Makasih ya udah mampir disini..

  2. alo mas…saya gf upn ….
    wah keren ni TA nya tntang geomagnetik…
    oya mas saya mau tanya…gimana tentang sifat AMBIGU yang dimiliki dari metode GEOMAGnetik!!!

    bisa dijelaskan ga mas!!!!

    balas ke email saya ya mas….

    ary_superman@yahoo.com

    cheerss
    slam sahabat…dari geof upn

  3. 😀
    mas, soni,apa bedanya yang ada di buku Blakely????😀
    pa, gak diteruskan aja tuh, samapi keluar anomali 3 D dengan Inversi.
    hehe…., kalu itu, pasti lebih seru….

  4. saya sangat tertarik dengan penjelesan TA saudara yakni, ‘Akibat dari medan magnet bumi ini, maka batuan yang ada di bumi akan ikut terpolarisasi sehingga batuan tersebut memiliki medan magnetik juga yang sering disebut juga sebagai medan magnetik sekunder’.
    pertanyaan saya bagaimana dengan medan gravitasi yang bisa menghasilkan anomali regional – lokal? yang saya tau hubungannya sama dengan medan magnetik yakni sama2 mengenai potensial?
    tolong bantu ya?

  5. mas boileh gag saya mnta coding matlab TA jnengan.,saya juga lagi ngerjakan TA udh 2 thun tp msih bngung mngnai coding matlabx.,klo mas soni berkenan tlong saya .,,saya mnta coding matlabnya mw saya pelajari.,,,bsa kirim ke dhiezgo@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s