Yang Terlewatkan, Graduation Ceremony

Tepat 2 bulan saya ga nulis di blog ini, padahal pas sebulan setelah postingan terakhir ,si CATRA udah ngingetin selain itu topik yang akan ditulis juga banyak antara lain, wisuda 18 april, pagelaran seni dan temu alumni UKM-ITB tanggal 25 april. Setelah itu mapping geologi di Rajamandala, akuisisi data GPR di Rajamandala, Akuisisi GPR di sungai dengan menggunakan perahu karet, sampai akuisisi data Resistivity yang baru kelar minggu kemaren. Tetapi yang namanya malas, membuat niat untuk menulis menjadi pudar dan juga membuat ide-ide dari apa yang ingin ditulis sedikit menguap.

Sekarang langsung aja deh dari hal pertama yang diingat dan cukup membekas dalam ingatan setelah tanggal 25 maret.

18 April 2009 (Graduation Ceremony day)
18 April 2009 di tanggalan jatuh pada hari sabtu dan di ITB hari tersebut dijadikan hari Wisuda ke-2 Program Sarjana, Magister, dan Doktoral. Sebanyak 1310 mahasiswa (S1,S2,S3) yang dinyatakan lulus pada sidang terbuka wisuda yang dilaksanakan pada hari itu dan salah satu dari 1310 orang itu adalah aku. Bangga adalah satu diantara banyak perasaan lain yang terasa ketika hari itu. Jika diibaratkan hari wisuda merupakan hari kita(wisudawan/ti) menjadi raja sehari.

Tapi ketika aku mencoba untuk berostalgia dengan hari itu sambil melihat file2 wisuda (foto2 maksudnya), ada sesuatu hal yang mengusikku selepas keluar dari ITB. Hal tersebut adalah tema yang diusung oleh ITB pada wisuda tersebut, temanya adalah “Persembahan ITB bagi Masyarakat”. Jadi ingat ketika diterima dulu di ITB oleh Bpk. Menristek yaitu bapak Kusmayanto Kadiman yang ketika itu masih menjabat sebagai Rektor ITB. Ketika itu didalam gedung yang sama, didengung2kan kalimat selamat datang yang sangat ngeri sekali untuk aku bayangkan, Kalimat itu berbunyi “Selamat Datang Putra-Putri Terbaik Bangsa”. Siapa yang ga bangga mendapatkan kalimat selamat datang seperti itu?? Dan selama kuliah, kalimat itu masih terngiang-ngiang di telinga  dan pikiranku, malah sampai sekarang. Bangga banget lho mendengar ucapan selamat datang kayak gitu, tapi tanggung jawabnya itu yang ga tahan.

Sekarang setelah lepas dari kampus gajah tersebut bertambah lagi beban yang harus ditanggung apalagi tema dari wisuda kayak gitu. Kalau dianalisa, makna kata persembahan sangat dalam sekali karena sesuatu yang akan dipersembahkan atau diberikan bukanlah sesuatu hal yang main-main apalagi  untuk masyarakat.  Begitu juga dengan kelulusan ini (sambil menghapus keringat). Jadi teringat reff  dari lagu kampus yang berjudul “Kampusku”. Bunyinya seperti ini lebih kurang,

Berjuta rakyat menanti tanganmu

Mereka lapar dan bau keringat

Kusampaikan salam-salam perjuangan

Kami semua cinta-cinta INDONESIA

Semakin bertambah amanah yang harus dipikul. Tapi yang namanya amanah harus dikerjakan dan dilaksanakan.

Semoga apa yang telah diperoleh di bangku kuliah selama ini dan apa yang diharapkan Ganesha kepada lulusannya telah ada dalam diriku dan menjadi bekal bagiku untuk menjalankan amanah yang telah diberikan.

12404021KC1

12404021RA1

Foto Salaman dengan Bapak Hendra Grandis yang mewakili ketua Program Studi Geofisika yang juga merupakan Dosen Pembimbing TA (Atas) dan Foto salaman dengan bapak Rektor (bawah).

3 thoughts on “Yang Terlewatkan, Graduation Ceremony

  1. Waa akhirnya dirilis juga cerita n foto wisudanya..
    Selamat (sekali lagi) !!

    Iya Uni dari sebenarnya udah pengen sejak lama nge posting itu, tapi belum sempat2…. Makasih Uni atas ucapan selamatnya..

  2. think globally act locally, son.
    tak apa-apa bila merasa terbebani, justru bagus, menandakan soni punya tanggung jawab moral yang besar untuk bisa mewujudkan harapan yang disandangkan ke pundaknya.

    congrats!😉

    Doakan saja uni, semoga saya bisa mewujudkan harapan yang disandang sekrang ini..Amin… Makasih ya Uni atas ucapan selamatnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s