Persahabatan Kita Kan Abadi Untuk Selamanya Sobat :) Agung Wahyu Saputro (12 January 1987 – 11 January 2013)

Assalamu’alaikum Wr Wb

Bismillahirahmanirrahim,

Hi teman, kawan, rekan, dan sahabat semua. Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan lancar dalam segala aktivitasnya. Sebenarnya sudah dari lama saya ingin menyapa teman, kawan, rekan, dan sahabat semua. Tetapi banyak alasan yang dapat dikedepankan untuk mencari pembenaran kenapa hal tersebut urung saya lakukan. Jadi sekarang, saya ga mau bahas alasan kenapa baru sekarang dapat menyapa teman, kawan, rekan, dan sahabat semua, karena seperti yang saya katakan di atas tadi seribu satu alasan dapat keluar untuk mencari pembenaran. J

Teman, kawan, rekan, dan sahabat semua, saya ingin bertanya apa yang terpikirkan ketika mendengar kata persahabatan? Saya yakin setiap personal akan memiliki jawaban masing-masing. Mungkin akan ada yang menjawab ketika mendengar kata persahabatan yang terpikirkan mungkin film terbaru 5 cm yang katanya (soalnya saya belum nonton ntu film) nilai-nilai persahabatanya kental banget di film tersebut, atau ada juga menjawab rumah sakit, karena yang terpikir ketika mendengar kata persahabatan adalah Rumah Sakit Persahabatan. Tidak salah juga, karena rumah sakit persahabatan merupakan salah satu rumah sakit yang terdapat di Jakarta Timur di rawamangun kalau saya tidak salah. Pasti banyak lagi hal lain dari teman, kawan, rekan, dan sahabat semua.

Continue reading

Gunung sebagai Pasak

Bismillahirahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr Wb

Terakhir menulis di sini pada Januari 2011 dan sekarang sudah April 2012, so blog (baca: palanta) ini hibernasi lagi 1 tahun 3 bulan, padahal tulisan terakhir pada January tersebut tentang hibernasi juga. huhhhh -_-“, rupanya hibernasi itu terjadi lagi setelah tulisan tersebut, hehehehehe. Ga mau beralasan ini itu, pokoknya sekarang do the best ajah semoga bisa istiqamah (ini yang susah fren).

huhfff (ngelap keringat), akhirnya selesai juga bersih-bersih palanta ini dari jaring laba-laba, debu yang sangat tebal, dan mengganti kayu-kayu yang lapuk (perSONIfikasi banget, yang mPunya blog kan emang si Soni hehehehe, biar enak dibaca ajah, kan ini bukan thesis atau disertasi jadi casual ajah, heheheheheh :D). So sebelum dilanjutin tulisannya harus diceritain dulu nih motif kenapa menulis lagi, pada mau tau ga? mau aja ya, begini ceritanya..

Continue reading

Very Long Hibernation

12404021RA1011513_1722_Persahabata11.jpgBismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alikum Wr Wb

Serious, I am confused to start write again in my blog. Actually I have some idea to write but lack of motivation made me very long hibernation.

But, now I must to try it, try to write again, to communicate with narablog (borrow of Uda Vizon term), and most important is sharing each other among narablog.

I will fix my Palanta first and send my greeting to all narablog friends. I am hoping I can do it continuously.

Also, thank you very much to Uda vizon..He’d reminded me to start again.

Lakewood, Danau Singkarak di Mindanao

“Wah, akhirnya sampai juga di danau Singkarak, setelah menlanjutkan perjalanan dari Lampung.”

“Wah ini sama aja seperti di Danau Singkarak”. “Saya yakin, teman-teman soni ma andry ga akan percaya kalo kamu berada di Philippine ketika melihat foto ini”

Ya itu adalah beberapa kalimat-kalimat yang terlontar dari sebagian teman-teman ketika kita berkunjung ke Lakewood salah satu tempat pariwisata yang baru dikelola di Provinsi Zamboanga Del Sur Philippine.

Sebelum ambo melanjutkan, ambo yakin sebagian besar pembaca pasti telah tau atau pernah mengunjungi danau Singkarak yaitu salah satu tempat pariwisata yang cukup terkenal di Sumatera Barat. Kalo ada yang belum pernah mengunjungi Danau Singkarak tersebut, saya sarankan kalo memiliki waktu sempatkanlah untuk berkunjung kesana, ga akan rugi menurut saya.

14 Februari yang lalu, saya dan teman-teman kantor yang terdapat di Daerah Bayog menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Lakewood. Sebenarnya ide untuk berkunjung kesana datang dari Pak Sapto (Project Manager) yang sehari sebelumnya mengusulkan ide tersebut.  Kebetulan sekali pekerjaan saya ketika itu sebagian besar telah rampung jadi saya setuju dengan ajakan tersebut.  Dari beberapa teman yang pergi ada satu teman yang pekerjaannya masih buanyak.  Sebenarnya teman tersebut udah merelakan diri untuk tidak ikut karena pekerjaannya yang masih berjubel, tapi akhirnya karena ikatan kekeluargaan, maka kita menunggu sang teman (sambil nge-push) untuk menyelesaikan pekerjaannya (walaupun pada akhirnya pekerjaan utk hari itu tidak selesai juga, hehehe :D).

Selesai sholat Zuhur dan makan siang,  kita semua (9 orang) pun  siap berangkat.  Dengan mengendarai 2 strada kantor, kita pun meluncur ke daerah yang telah direncanakan sebelumnya.  Membutuhkan 2 jam  perjalanan untuk mencapai lakewood dari kantor kita.

Koq jadi panjang gini ya, padahal tujuannya hanya ingin menggambarkan bahwa pariwisata Indonesia lebih mengesankan secara natural dibanding disini (baca Philippine). Kalau ga percaya seperti di singkarak silahkan lihat foto-foto berikut. Kalau dari foto-foto berikut tidak terlihat suasana singkaraknya,  ya setidaknya menggambarkan salah satu danau yang terdapat di Indonesia tercinta.

Suasana Lakewood ketika jam 2 PM, panas soalnya masih sedikit pohon.

 

Pak Sapto,  Ambo, dan Mas Dody

Canoe nganggur, ya kita gunain ajah. Pas selesai kena tagih php 100, hehehe.

 

Narsis sejenak di tengah danau membelakangi bangunan hotel.

 

Keluarga besar  Bayog yang melepas rehat beberapa jam di Lakewood.

 

The World Needs Men

Ups, lama sekali saya meninggalkan palanta (dalam bahasa minang dapat diartikan tempat bersantai, atau duduk-duduk) ambo ini, hampir 2 bulan, lebih malah. Ambo harap tidak ada kerusakan yang parah pada palanta ini sehingga palanta ini masih dapat digunakan untuk bersantai dan menyapa sahabat blogger semua. Mohon maaf, kepada para sahabat blogger yang telah sempat duduk-duduk dan bersantai disini tapi tidak sempat ambo  sapa atau hidangkan sesuatu. Mohon maaf kepada para sahabat yang telah duduk dan meninggalkan sesuatu, tetapi belum sempat saya membalasnya. Kepada uda Vizon, “Terima kasih banyak kepada Uda, Uni, serta keluarga yang telah menjamu ambo ketika mengunjungi uda dan keluarga di Jogja kapatangko, mudah-mudahan lain waktu dapek batamu baliak Da. “jadi malu ambo da, ado foto ambo di blog uda, hehehehehe.”

Untuk meramaikan kembali palanta ini, ambo harap tulisan ambo kali ini dapat membuat palanta ini menjadi ramai kembali dan memperat kembali tali silahturahmi yang sempat kendor beberapa bulan belakang. AMin..

Kami (karena untuk kantor) mendapatkan tulisan ini beberapa waktu yang lalu dalam bentuk suatu bingkisan dari salah seorang rekan kerja di sini. Ketika saya membaca, cukup menarik sekali rangkaian huruf yang menjadi kata dan menjadi kalimat dalam bingkisan tersebut. Saya pikir tidak ada salahnya saya membagi apa yang telah saya baca tersebut kepada handai taulan. Seketika itu saya teringat dengan blog (palanta) ini yang sedikit menjadi terlupakan oleh ambo. Berikut adalah tulisan yang saya maksud, saya yakin sebagian sahabat pasti pernah membaca atau setidaknya mendengar, saya harap ini dapat merefresh kembali apa yang pernah dibaca atau didengar tersebut.

The World Needs Men

1.  who cannot be bought.
2.  Whose word is their bond.
3.  Who put character above wealth.
4.  who possess opinions and a will.
5.  who are larger than their vocations.
6.  Who do not hesitate to take a chances.
7.  who will not lose their individuality in a crowd.
8.  who will be as honest in a small thing as in great things.
9.  who will not make a compromise with a wrong.
10. who will no say “they do it because everybody else does it”.
11. who are true to their friends in adversity and asa well as in prosperity.
12. wo do not believe that shrewdness, cunning, and hardheadness, are the best qualities for winning success.
13. who are not ashamed or afraid to stand for truth when it is unpopular
14. who can say “no” with emphasis although all the rest of the world say “yes”.

Whose ambitions are not confined to their own selfish desires.

Cuma segitu tulisan yang saya baca tersebut, tetapi menurut saya dalam sekali kandungan yang terdapatnya di dalamnya. Salah satu yang dapat saya tangkap adalah kita (baik itu laki-laki atau perempuan) harus memiliki prinsip yang kuat dan benar dalam dirinya dalam mengarungi samudra kehidupan ini.Setiap orang boleh berpendapat, setiap orang boleh menganalisa, dan mengambil kesimpulan sendiri. Silahkan diinterpretasi sendiri-sendiri.

Cheers

Be A true Muslim

Alhamdulillah sekarang load pekerjaan udah mulai berkurang dan udah bisa jalan2 lagi ke blog bapak-bapak, ibu-ibu, kakak2, uda2 dan uni2 serta teman-teman blogger, kangen sekali rasanya untuk berinteraksi kembali dengan semuanya.

Sekarang saya ga mau flashback kenapa pekerjaan jadi membludak.. Untuk tulisan sekarang ini saya pengen ngeshare ajah mengenai apa yang saya dapatkan beberapa minggu kemaren, tepatnya ketika jumatan (Nov 6,09).

Mengapa saya pengen ngeshare mengenai khutbah, karena tepat pada tanggal tersebut, salah seorang Indonesian yang menjadi khatib dan imam. Dan khutbah tersebut menjadi khutbah jumat pertama yang bisa dimengerti soalnya si khatib gunain bahasa inggris. Biasanya khatib disini selalu gunain tagalog atau visayas (bahasa daerah utk daerah filipin selatan). Ya ga ngerti lah. Hehehehehe

Karena English saya ga begitu bagus, sekarang saya translate ke Indonesia ajah.. Judul khutbah jumat ketika itu adalah ”Be a true Muslim”. Mengapa si khatib ngangkat tema seperti itu, karena si khatib ngerasa kalo muslim yang ada sekarang ini belum seluruhnya menjadi muslim yang sebenarnya (termasuk saya lho). Jadi Islam yang seharusnya menjadi Rahmatan Lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam) tidak terasa. Mengapa tidak terasa karena orang2 yang menjalankannya belum menjadi muslim yang sesungguhnya..

Ada 10 syarat yang disampaikan khatib ketika itu untuk menjadi muslim yang sebenarnya,

1. Muslim harus memiliki kepercayaan yang benar (Salamatul Aqidah). Kepercayaan yang benar itu adalah rukun Imam yang 6, yaitu

*. Iman kepada ALLAH SWT

*. Iman kepada Malaikat ALLAH SWT yang 10

*. Iman kepada Rasul dan Nabi ALLAH SWT

*. Iman kepada Kitab-kitab yang pernah diturunkan ke muka bumi ini (taurat, zabur, injil, dan Al Quran

*. Iman kepada Hari Akhirat, yaitu hari setelah nyawa terpisah oleh raga

*. Iman kepada Qada Baik dan Qada buruk

Insya ALLAH setelah si muslim memiliki, mengerti, dan paham. Si muslim akan optimis menjalani hidup ini, akan selalu melakukan hal-hal yang positive, akan memantapkan langkah hidupnya di dunia ini, akan selalu berpegangan kepada petunjuk yang telah ada, tahu akan tujuan akhirnya, dan tahu akan tanggung jawabnya di dunia ini.

2. Muslim harus mengetahui dan menjalan ibadah dengan benar (Shihhatul ‘Ibadah)

Setelah si muslim memiliki kepercayaan yang benar, maka si muslim harus membarengi kepercayaan yang ia miliki dengan ibadah yang benar juga. Ibadah yang benar itu apa sih?? Ibadah yang benar adalah segala sesuatu yang kita lakukan di atas dunia ini, tapi tidak bertentangan dengan Al quran dan Sunnah Nabi. (everything that we do in this world but not contradiction with Al Quran And Al Hadist of Rasullullah ).

3. Muslim harus memiliki karakter,sifat atau moral islam yang kuat (Matinul Khuluq)

Moral islam itu yang bagaimana?? Moral islam itu adalah tindakan yang keluar secara tiba-tiba yang menggambarkan seseorang itu adalah muslim dimana pun dan kapan pun. Jadi Moral Islam atau karakter Islam itu bukanlah karakter yang dibuat-buat (bukan periodic ketika lebaran ajah) tapi moral Islam itu berkelanjutan.

4. Muslim harus memiliki wawasan yang luas (Tsaqofatul Fikr)

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi muslim dan tanpa ilmu hidup di dunia akan susah. Makanya seorang muslim harus memiliki wawasan yang luas.

5. Muslim harus memiliki fisik atau raga yang kuat (Quwwatul Badan)

Rasulullah SAW berkata “ Allah lebih mencintai muslim yang kuat dibandingkan yang lemah”. Dari hadist ini seorang muslim yang sejati akan selalu menjaga kesehatan, menjaga pola hidupnya. Bayangkan saja Rasulullah SAW selama hayat beliat hanya 2 kali sakit, pertama ketika perang uhud dan kedua ketika ajal mau menjemput. Jadi Muslim sejati harus sehat dan kuat

6. Muslim harus bisa menafkahi diri dan keluarganya (Al Qudrah ‘ala Al Kasbi)

Seorang muslim yang sejati harus bisa menafkahi dirinya dan keluarganya. Jadi seorang muslim yang sejati bukanlah orang yang pemalas, bukan juga yang suka meminta-minta belas kasihan dari orang lain. Karena muslim yang sejati mengetahui kalau agama melarang untuk bermalas-malasan

7. Muslim harus berguna untuk orang-orang di sekitar dan lingkungannya (Nafi’an Li ghairihi)

Muslim yang sejati harus menjadi orang yang berguna untuk orang-orang disekitarnya. Dia harus menjadi solusi bagi  orang – orang di sekitarnya ketika ada masalah. Walaupun ada seorang muslim yang sukses dan kaya, tetapi tidak memberikan mamfaat bagi orang – orang disekitarnya atau malahan tidak diharapkan adanya dirinya oleh orang lain, apakah itu bisa dikatakan muslim yang sejati?? Jawabnya pasti tidak..

8. Muslim harus bisa membagi/mengatur waktunya (Harisan ‘ala Waghihi)

Muslim harus bisa mengatur waktunya mengapa? Karena pepatah arab mengatakan waktu itu ibarat pedang, jika tidak menggunakan secara baik maka dia akan memotong kita. Bahkan Allah SWT bersumpah “demi waktu. Sesungguhnya manusia itu berada dalam Kerugian. Kecuali yang mengajak dalam kebaikan dan kesabaran. (Q.S Al Asr 1-3)

9. Muslim juga harus bisa mengatur urusannya (Munazhzhoman fi syu’unihi)

Muslim harus menjadi seseorang yang professional di setiap aktivitasnya..

10. Muslim juga harus bisa memerangi hawa nafsunya (Mujahidan linafsihi)

Nafsu merupakan salah satu hal yang dapat mengajak kearah positive dan negative. Jika nafsu yang mengajak ke arah negative maka in harus dilawan. Untuk melawan nafsu yang mengjak ke arah yang negative sangat berat dan harus memiliki tekad yang kuat. Sayyidina Ali pernah berkata ada jihad yang lebih berat dibanding peperangan yaitu jihad melawan hawa nafsu. Rasulullah juga berkata “tidak beriman seseorang sampai ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu ajaran Islam.

Insya ALLAH Islam akan menjadi rahmat bagi seluruh alam jika setiap muslim menjadi muslim yang sejati (a true muslim).

Sekarang yang jadi pertanyaan apakah kita telah menjadi muslim yang sesungguhnya??

Mudah-mudahan postingan ini berguna bagi yang membaca..

sumber, khutbah jumat di Bayog Zamboanga del sur, philippine 6 november 2009.